Samarinda Retropolis, Dulu – Sekarang

Libur Iedul Adha tiga hari kemarin saya pergunakan untuk ngubek arsip lama.  Kebetulan materi foto untuk artikel Samarinda Retropolis sebagian belum digarap, jadi waktu senggang ini momentum bagus buat menggarap lanjutannya.

Tema kali ini adalah Samarinda Dulu versus Sekarang. Ada tiga foto Landmark Samarinda era ‘90an yang ingin saya bahas di session ini; Citra Niaga, SMP Negeri 1 dan Pasar Segiri dalam persfektif past & present.

Citra Niaga era ’90 vs present time.

Citra Niaga. Foto di atas tepat menghadap dua poros Jl. Niaga Utara Komplek Pertokoan yang berbatasan dengan cluster Pasar Pagi dan Masjid Darussalam. Di layer atas adalah foto yang di ambil pada tahun 1990. Tampak pada kedua poros jalan, sisi parkir tampak lengang, begitu juga ragam-macam billboard dan plank toko pada sisi bangunan masih jarang.  Bedakan dengan layer foto bawah potret terbaru, di mana sisi parkir kendaraan roda dua dan empat penuh serta berbagai macam plank dan billboard bertebaran tidak tertata menutupi lanskap, bentuk bangunan sekaligus meninggalkan kesan kumuh.  Terkesan Citra Niaga sekarang lebih kumuh dibanding dengan 20 tahun silam, kecuali formasi vegetasi pohon disepanjang sisi badan jalan sedikit memberi kesan hijau.

Begitu juga dengan formasi Ruko baik pemilik dan jenis usaha niaga sudah banyak berubah, terutama untuk poros Jl. Niaga Utara.  Dalam pengamatan saya ada beberpa toko yang masih eksis, di sisi kiri jalan ada Pangkas Rambut Mawar, Toko kelontong julak Zam-zam, Toko Alroji Swiss Baru, toko pakaian Eka Raya, Apotik Dharma Husada dan Toko ATK Sinar Kencana.  Di sisi kanan tersisa Toko elektronik Aming dan departemen store Murah eks Tiga Jaya.

 

SMPN1 ’90 vs Present Time

Foto layer atas, di ambil per April 1990 tepat di depan Lapangan Pemuda di sisi perempatan Jl. Bhayangkara – Jl. Milono. Seingat saya, bentuk dan kondisi bangunan SMPN 1 Samarinda belum direnovasi dari bentuk aslinya.  Ada tiga pintu masuk, dua masing-masing di sisi kiri-kanan dan satu tepat di tengah bangunan depan yang menjadi koridor pemisah ruangan Kepala Sekolah dan ruangan Guru.  Di sayap kiri gedung bersampingan dengan perempatan Jl. Bhayangkara – Jl. Basuki Rahmat dulu merupakan lapangan voly yang kini berubah fungsi sebagai lajur parkir. Selain bentuk bangunan dan landskap yang berubah setelah dilakukan renovasi beberapa tahun terakhir, satu hal yang cukup signifikan memberi kesan berbeda SMPN 1 era ’90 dengan sekarang adalah pepohonan pelindung yang masif di sepanjang sisi jalan.

 

Ruko Pasar Segiri era ’90 vs Present Time

 

Foto di atas adalah penampakan Ruko Pasar Segiri. Foto ini di ambil per September 1987. Tidak banyak informasi tentang lokasi pertokoan tersebut. Seingat saya, di era tahun ’90 – 2000 lokasi ini dikelilingi pagar dan menjadi tempat penumpukan sampah sementara. Selain itu bangunan yang berada di atas lereng bukit Segiri merupakan eks kantor TAD.

Punya info lain mengenai foto-foto di atas ? yuk share di sini.

Advertisements